Lagi Serius: Mau jadi apa? 


​Hello selamat malam semuanya,  astaga malam-malam begini gue malah mau ngomong serius.  Iya,  gue sekarang udah masuk semester 5, bau-bau skripsi didepan mata.  Disaat seperti ini banyak orang yang udah tau mau jadi apa, udah tau mau kemana hidupnya.  

Beberapa hari yang lalu gue sempat bertanya sama temen gue,  mau dimana dia 5 tahun kedepan dan dia menjawabnya dengan yakin dia mau jadi gamer internasional. Dia udah melakukan beberapa step untuk menuju kesana.  Ya,  untunglah dia tidak bertanya balik tentu saja gue akan menjawab dengan pusing atau tiba-tiba hilang ingatan atau bahkan pura-pura kesurupan terus minta dikawinin sama benedict si sherlock holmes versi serial tv. 
Sebenarnya waktu SMA gue udah tau mau jadi apa,  gue udah punya tujuan pasti.  Gue mau jadi pengacara biar kayak franklin and bash,  gue mau jadi pengacara biar kayak shark,  gue mau jadi pemburu hantu biar kayak winchester family atau mungkin yang gambar hantu di lativi, dia doang yang tau bentuknya dan semua orang ngangguk-ngangguk kek ngeliat.  Gobs. eh tapi gue becanda tentang hantu-hantu tadi, gue mau jadi pengacara aja waktu SMA.  Gue meyakini mimpi gue, gue berjuang keras untuk mimpi gue, gue sampe nonton fox crime nonstop.  Sungguh perjuangan. Alasan gue waktu itu mau jadi pengacara juga receh banget biar bisa debat kek di tipi dan ketika kuliah ternyata sistem pengadilannya berbeda.  Ah sial.  
Memasuki kuliah gue mulai mengikuti banyak kegiatan sampe ikut bikin event dan gue jatuh cinta, gue mulai fokus sama event tapi tiba-tiba saja gue mempertanyakan lagi tentang sebenernya gue mau jadi apa.  Pertanyaan ini pun semakin sering terlintas sejak emak gue ngajak ngomong serius.  “Ika udah tau mau kemana setelah ini?  Ika mau jadi pengacarakah,  bikin event kah, pengusaha kah atau ngikutin mama? ” pertanyaan yang simple tapi berhasil nampar gue “Mau jadi apa tik? ” gue sendiri terombang-ambing,  ibarat kata emak gue “Hidup segan, Mati tak mau” gue mau jadi pengacara tapi gue kuliahnya gak serius,  gue mau bergerak di event tapi pengalaman gue belum banyak sedangkan waktu terus memburu,  gue mau jadi pengusaha tapi sampai sekarang tidak bergerak kemanapun,  gue berfikir untuk ngikutin mama gue tapi gue tau gue gak suka dengan bidangnya walaupun sejurusan,  gue mau jadi anak band tapi gue cuma bisa nyanyi dan gak ahli.  Ibarat kata mam wia,  guru bahasa inggris plus guru debat gue pas SMA “argumennya hanya menyentuh tapi tidak dalam,  dangkal” gue bisa semua yang disebutkan emak gue tapi tidak ahli hanya bisa dan andai harus menjadi ahli,  gue gak tau mana yang dipilih.    

Lucu ya,  ketika begitu dekat dengan mimpi eh malah ragu.  Ketika yakin eh malah datang keyakinan-keyakinan lain. Hidup selucu itu.  

Pertanyaan ini pun semakin memberi tekanan setiap kali gue liat emak gue semakin tua dan rentan sedangkan gue begitu tidak dapat diandalkan. Gue semakin merasa tertekan setiap mijit emak gue dan merasa tubuhnya semakin lemah.  Gue semakin tertekan ketika hari ini emak gue selesai bertanya lalu dia mengakhiri “mama cuma mau yang terbaik buat ika,  pilihlah apapun yang ika mau,  mama tetap dukung yang penting ika bertanggung jawab dengan pilihan ika” dia setulus itu.  Sedangkan gue se-gak-becus itu.  Dia akhirnya membiarkan gue memilih setelah bertahun-tahun menggiring gue mengikuti jejaknya, dia membiarkan gue memilih saat gue tak tau harus memilih apa. 

Btw,  gue sama emak gue wataknya sama jadi kita sering bertengkar dan juga gak tahan lama-lama musuhan.  

So,  untuk siapapun yang mungkin sekarang sudah punya mimpi, pertahankanlah dan perjuangkan. Untuk teman-teman gue yang menjadi sesuatu yang bukan mimpinya, tekunilah, semoga keputusan ini berakhir baik atau semoga ada jalan kembali ke mimpi awal.  

Btw,  coba deh liat iklan A-mild yang baru tentang hasrat.  

5 thoughts on “Lagi Serius: Mau jadi apa? 

  1. Nanti juga ketemu passionnya. Saya lulusan ekspor import eh kerjaannya jadi tukang buah. Yang penting suka dengan pekerjaannya. Nanti juga sukses.

    1. Nah itu bang masalahnya, gue suka semuanya bang kecuali jejak emak gue muahahah tapi gak tau mana yang mau gue pilih bang. Semoga ya bang, gue menemukan jalan gue.

  2. Duh jadi inget sama mimpi sendiri…. semenjak lulus SMA kemarin saya sebenernya sama sekali engga tahu bagaimana mimpi saya kedepan nya karena ada beberapa mimpi saya yang gagal….. mau jadi apa nantinya… saya sekarang kuliah ya kuliah aja… tapi masih tetep ga tau kedepan nya mau gimana… semoga nanti saya bisa tahu kedepan nya mau gimana ya.. :’)

    Salam…

    1. Haiiiiiiiiiiiii yang lagi sama-sama terombang-ambing. Semoga nantinya ketika ditanya mau jadi apa kita tidak menjawab “yang ngehasilin uang banyak aja lah” btw, salam kenal.

Tinggalkan Balasan

